Ekonomi

Presiden RI Jokowi: Perdagangan Digital hangan 'Membunuh' UMKM

Kamis, 04 Maret 2021 - 13:09
Presiden RI Jokowi: Perdagangan Digital hangan 'Membunuh' UMKM Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan)

TIMES PINRANG, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menegaskan perdagangan digital di Tanah Air harus diarahkan untuk selalu memberdayakan dan mendorong kinerja UMKM.

Pada Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021 secara virtual dari Istana Negara Jakarta, Kepala Negara juga meminta agar perdagangan digital ini dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas.

“Perdagangan digital harus dorong UMKM kita. Manfaatnya sudah kita lihat. Kekuatan digital harus dimanfaatkan untuk merangkai antara suplai UMKM di Indonesia dengan pasar nasional dan global,” ucap Presiden, Kamis (4/3/2021). 

Presiden Jokowi menambahkan perdagangan digital pada akhirnya harus mampu memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia.

“Yang kecil-kecil ini kalau diangkat, kalau diberikan peluang, saya melihat banyak sekali. Ada keripik usahanya rumah tangga bisa ekspor ke Korea, ke Jepang. Kecil-kecil kalau detail dan kerja keras buat mereka ini bukan sesuatu yang sulit,” jelasnya.

Presiden Jokowi melihat UMKM hanya perlu mendapatkan pendampingan dari sisi kemasan yang perlu diperbaiki, merek yang perlu dikuatkan, didorong untuk ekspor, dan dipastikan kapasitas usahanya.

“Tugas kita untuk mendorong perbankan mau menyuntikkan ke UMKM kita agar kapasitasnya bisa naik,” tutur Presiden Jokowi.

Maka itu, tegas Presiden, jika ada praktik perdagangan digital yang tidak adil terhadap UMKM, harus segera diatur dan diselesaikan.

“Baru minggu kemarin, saya sampaikan ke Mendag, ini ada yang enggak benar ini. Di perdagangan digital kita, membunuh UMKM, diperingatkan, karena kita harus membela dan melindungi, dan memberdayakan UMKM kita agar naik kelas." tandas Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pinrang just now

Welcome to TIMES Pinrang

TIMES Pinrang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.