Berita

Bantu Warga Isoman, Teddy Minahasa Putra Gerakkan Relawan Berbasis Alumni Sekolah

Rabu, 28 Juli 2021 - 19:34
Bantu Warga Isoman, Teddy Minahasa Putra Gerakkan Relawan Berbasis Alumni Sekolah Para relawan Sobat 87 saat menyalurkan bantuan ke warga isolasi mandiri di Pasuruan.

TIMES PINRANG, PASURUANIrjen Pol Teddy Minahasa Putra menggerakkan tim relawan berbasis alumni sekolah. Sahlijemen Kapolri ini membentuk relawan Sobatku 87 (Solid, Bahagia, Sehat, Kuat, Umur Panjang).

Relawan ini adalah unsur dari para Alumni SMP Negeri 1 Pasuruan angkatan 1987. Di bawah komando Teddy Minahasa, tim ini mampu menjembatani kebutuhan warga isolasi mandiri (isoman). 

Mereka membantu warga yang terpapar COVID-19 dengan memberikan bantuan makanan, vitamin, oksigen, dan obat-obatan.
Posisi Teddy Minahasa yang juga alumni SMPN 1 Pasuruan adalah penanggung jawab sekaligus penggagas dari tim relawan ini.

Menurut pengakuan Teddy, fenomena orang yang sedang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah, banyak yang mengalami minus pengawasan dan keterbatasan ruang gerak.

relawan Sobat 87 2Tim relawan Sobat 87 yang siap membantu warga isoman di wilayah Pasuruan, Jawa Timur.

"Saya bisa menyaksikan sendiri fenomena itu. Mereka kesulitan akses untuk bisa ditampung di rumah sakit, serta kesulitan mendapatkan obat-obatan yang dianjurkan oleh beberapa informasi medis di berbagai media," ujarnya. 

Di Jakarta saja, ia mengamati bagaimana susahnya warga isoman Covid-19 sulit mendapatkan treatment yang layak. Banyak warga yang luput dari perhatian pemerintah.

"Dari konstelasi itulah saya berpikir bagaimana kondisi orang-orang yang tinggal di kota kecil seperti Pasuruan, Malang, dan sekitarnya, pasti lebih sulit, karena Jakarta yang begitu serba ada saja ternyata pasien covid-19 kesulitan mendapatkan penanganan medis," ungkapnya.

Pengalaman ini kemudian membuat Teddy tergerak untuk menghimpun suatu kekuatan. Tercetus lah relawan dari kawan-kawan Alumni SMP Negeri 1 Pasuruan, tempatnya belajar saat remaja dulu. 

relawan Sobat 87 3Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Sahlijemen Kapolris, saat memberikan sambutan dalam pembentukan tim relawan Sobat 87. (FOTO: for TIMES Indonesia)

"Yang dilayani untuk sementara adalah para Alumni dan keluarganya yang tidak mendapatkan penanganan medis alias yang hanya melaksanakan isolasi mandiri," jelasnya.

Berdasarkan pantauan tim relawan, dari 17 orang pasien yang isolasi mandiri melaporkan kondisinya semakin membaik dan beberapa dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19.

Teddy Minahasa Putra berharap, semoga relawan-relawan lain bermunculan setelah ini untuk membantu sesama anak bangsa dalam menanggulangi pandemi covid-19 ini.
"Relawan-relawan semestinya hadir dalam kondisi seperti ini untuk membantu pemerintah dalam menjaga keselamatan bangsa, bukan marak ketika Pemilu dan Pilkada saja," pungkasnya. (*)

Pewarta :
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pinrang just now

Welcome to TIMES Pinrang

TIMES Pinrang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.