Berita

Suharso Monoarfa Nilai Kopi Kayumas Situbondo Harus Jadi Industri Nasional

Minggu, 18 April 2021 - 21:50
Suharso Monoarfa Nilai Kopi Kayumas Situbondo Harus Jadi Industri Nasional Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (Foto: Instagram/Suharso Monoarfa)

TIMES PINRANG, JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan sudah waktunya Kopi Kayumas asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang sudah terkenal sejak 1886 (Zaman Penjajahan Belanda) menjadi industri dan merambah ke kancah internasional.

"Semestinya Kopi Kayumas asal Situbondo ini sudah mulai di industri, sehingga bisa tersebar di seluruh penjuru dunia. Kalau sudah mendapatkan ada pengakuan dunia internasional, mestinya Situbondo sudah mengindustrikan kopi ini," ujar Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Sebelumnya, Pemkab Situbondo membuat branding baru atas Kopi Kayumas yang dihasilkan dari perkebunan di Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa menjadi Golden Wood Coffee. Pada Zaman Belanda kopi itu dikenal dengan sebutan Van Landem Kayumas.

Ketua Umum PPP itu merasa bangga dengan penghargaan yang diperoleh kopi arabika asal Desa Kayumas Situbondo mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Penghargaan itu, kata dia, harus bisa dipertahankan, karena Indonesia memang dikenal sebagai penghasil kopi yang memiliki banyak kekhasan.

"Tentu kami ikut bangga, kopi di Situbondo ini meraih banyak penghargaan nomor satu, baik tingkat nasional maupun internasional," ucapnya.

Kepala Bappenas Suharso mengatakan jika kopi Kayumas dikelola dengan baik maka akan menjadi daya ungkit perekonomian masyarakat di kabupaten yang dikenal sebagai Kota Santri itu.

"Sejauh ini Kopi Kayumas dikelola sebatas kelompok-kelompok, yang nilai tambahnya rendah. Kedepan, pemerintah daerah harus bisa mendorong ini menjadi industri," kata Ketua Umum DPP PPP itu.

Sementara itu Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan ada sekitar 1.500 hektare lahan kopi rakyat di Desa Kayumas.

"Terdiri dari 80 persen kopi arabika, 20 persen kopi robusta. Sekitar 41,8 hektare kebun kopi rakyat, di antaranya sudah memiliki sertifikat organik," ujarnya.

Sebagai informasi, Data di Pemkab Situbondo menunjukkan penghargaan yang diterima dari kopi Kayumas (Golden Wood Coffee) Situbondo, antara lain pada 2010 menjadi juara 1 kopi nasional, pada 2016 juara 1 dunia dalam lomba kopi internasional di Bali dan pada 2017 menyabet juara 1 nasional kopi robusta. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pinrang just now

Welcome to TIMES Pinrang

TIMES Pinrang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.